Dian Ayu Puspitasari

Just another WordPress.com site

HARAPAN DARI SEBUAH SKRIPSI

pada Desember 22, 2012

muslimah-berdoa

 

Mungkin berdoa bukanlah jalan terbaik untuk segala permasalahan. Namun, tidak dipungkiri dengan doa kita mendapatkan ketenangan hati, semangat diri dan keridhoan dari sang Ilahi untuk menyelesaikan segala permasalahan yang kita hadapi.

 

 

Mendengar kata harapan yang terpikirkan oleh saya adalah skripsi. Bagi saya saat ini, menyelesaikan skripsi adalah sebuah harapan. Harapan yang akan berlanjut mengenai semoga cepat sidang skripsi dan harapan wisuda tepat waktu gelombang pertama. Aamiin.
Seperti saya saat ini, mahasiswa harus memiliki harapan untuk bahan bakar menjalani kehidupan kampusnya. Begitu pula hidup yang sesungguhnya, banyak sekali dihiasi harapan. Namun terkadang harapan disama-artikan dengan angan. Mungkin bagi banyak orang itu sama saja tetapi tidak untuk saya. Saya mengartikan harapan adalah keinginan yang terdapat usaha di dalamnya untuk mewujudkan. Dan angan adalah keinginan yang hanya sampai pada pikiran dan tidak terdapat usaha untuk mewujudkannya.
Cerita tentang perjalanan skripsi saya adalah cerita yang sering saya ceritakan kepada adik – adik angakatan saya yang tercinta secara berulang – ulang. Karena menurut saya, dari cerita tersebut telihat hubungan antara seorang hamba yang penuh harapan, masalah yang membelenggu dan peran Yang Maha Kuasa untuk mewujudkan harapan itu.
Dimulai dari pemilihan judul skripsi yang terus ditolak oleh dosen pembimbing dan saya tetap berusaha untuk mencari sampai benar – benar pasrah dan saya memohon pada Allah SWT untuk memberikan saya judul. Lucu memang, tapi memang itulah yang terjadi. Dan pada saat itu saya menyadari bahwa pertolongan Allah sangatlah konkrit. Karena setelah berkutat dengan judul yang ditolak akhirnya saya menemukan kenyataan bahwa teman saya diajak oleh seorang dosen untuk mengerjakan penelitian beliau. Sehingga judul teman saya tersebut diberikan pada saya lengkap dengan bab 1 dan jurnal – jurnal pendukung disertai dengan persetujuan dosen pembimbing 1 dan 2. Konkrit bukan?
Kedua, dalam perjalanan menuju bab yang lain saya tersendat oleh teori dan metode penelitian skripsi saya tersebut. Banyak anak kimia saat itu yang saya datangi tetapi tidak mengerti dengan apa yang saya tanyakan. Sampai pada suatu saat saya sedang mengunjungi teman saya di fakultas lain dan mendapati beliau bertemu dengan teman lamanya yang ternyata pernah ingin meneliti apa yang saya teliti. Dan pertanyaan – pertanyaan yang saya ajukan terjawab. Konkrit banget!
Ketiga, sebelum seminar proposal skripsi saya diusulkan oleh salah satu dosen untuk trial atau tahap percobaan, padahal bahan yang saya teliti harganya cukup mahal yaitu sekitar kurang lebih 1 juta untuk 10 gram. Belum segala macam hal yang harus saya persiapkan untuk penelitian tersebut yang kira – kira mencapai 2 jutaan hanya untuk sebuah trial. Akhirnya saya bertanya pada teman yang telah diceritakan sebelumnya mengenai bahan X yang harganya lebih murah. Dan ternyata beliau memberitahukan bahwa di universitas P ada dosen yang menjual bahan X dengan harga yang sangat murah. Namun ketika ditanya contact person beliau tidak tahu menahu sama sekali. Alhasil saya menghubungi teman saya yang berada di universitas P dengan maksud minta tolong untuk dicarikan bahan X. Teman saya ini adalah orang yang sangat sibuk, namun di tengah kesibukannya beliau mau menolong saya mencarikan bahan tersebut sampai dapat. Tidak hanya sekedar dapat melainkan gratis. Gratis karena dosen yang menjual sangatlah baik. Konkrit kan? Kalau bukan karena pertolongan Allah, saya yakin semua itu tidak akan terjadi. Dan semoga Allah memberikan balasan yang sebaik – baiknya untuk orang – orang yang senantiasa memberikan bantuan pada saya. Aamiin
Sebenarnya masih banyak hal dan bukti yang ingin saya ceritakan. Namun sekiranya dari pengalaman – pengalaman saya di atas mampu membangkitkan semangat dan harapan teman teman. Semoga teman teman percaya bahwa ketika kita mempunyai harapan dan kita bekerja keras untuk itu ditambah dengan menggantungkan harapan dan usaha kita hanya pada Allah maka hal yang ajaib bisa terjadi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: